....SELAMAT DATANG DI BLOG IRRSAD (Ikatan Remaja Roudlotussa'adah)....

....SELAMAT DATANG DI BLOG IRRSAD (Ikatan Remaja Roudlotussa'adah)....

Saturday 8 September 2012

" SHALAT SUNNAT ISTIKHOROH "

Shalat sunnat Istikhoroh yaitu shalat sunnat untuk memilih atau memohon dipilihkan salah satu diantara dua hal atau lebih dari yang lebih baik untuk menghilangkan kebimbangan hingga hati menjadi mantap dan tidak ada rasa kecewa dikemudian hari.

Umpamanya :
  1. Ada dua jenis pekerjaan yang sama-sama kita mampu mengerjakannya, tetapi kita ragu untuk menentukan pilihan manakah yang cocok bagi kita ?
  2. Ada dua orang gadis yang sama-sama kita cintai, tapi kita ragu untuk menentukan gadis mana yang patut dijadikan istri agar kelak dikemudian hari bisa hidup bahagia ?
Tentunya shalat Istikhoroh dilakukan hanyalah untuk memohon sesuatu yang tidak menyimpang dari ketentuan syara'. Jadi, harus pada permohonan yang halal dan diperbolehkan. Selain itu, shalat Istikhoroh tidak untuk perkara yang wajib atau haram. Sebab perkara yang wajib atau yang haram tidaklah perlu diistikhorohkan lagi.

Shalat Istikhoroh itu banyaknya dua raka'at, dan boleh kita kerjakan berulang kali bila kita belum mendapatkan petunjuk dari Allah s.w.t. berupa kemantapan hati atau alamat baik dalam impian.

Shalat Istikhoroh boleh dikerjakan pada waktu siang hari atau malam hari. Lebih utama dikerjakan sesudah shalat fardhu dan yang lebih utama lagi bila dikerjakan padawaktu sepertiga malam yang terakhir.

Cara shalat Istikhoroh itu seperti shalat biasa, baik bacaannya ataupun gerakannya, sedang lafadz niatnya adalah :

  أصلي سنة الإستخارة ركعتين لله تعالي
Artinya: 
Saya niat shalat sunnah istikharah dua raka'at karena Allah.

Sesudah shalat Istikhoroh membaca do'a di bawah ini :
1. Membaca hamdalah dan shalawat ibrahimiyah.
الحمد لله رب العالمين. حمدا يوافي نعمه ويكافئ مزيده. يا ربنا لك الحمد كما ينبغى
لجلال وجهك الكريم وعظيم سلطانك
اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سيدنا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سيدنا مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سيدنا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سيدنا إِبْرَاهِيْمَ و بَارِكْ عَلَى سيدنا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سيدنا مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى سيدنا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سيدنا إِبْرَاهِيْمَ
في العالمين إِنَّكَ حَمِيْدُ مَجِيْدٌ
2. Dilanjutkan dengan membaca doa khusus untuk istikharah di bawah berdasarkan hadits sahih riwayat Bukhari no. 6841.:

اللَّهُمَّ إنِّي أَسْتَخِيرُكَ بِعِلْمِكَ , وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ , وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيمِ فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلا أَقْدِرُ , وَتَعْلَمُ وَلا أَعْلَمُ , وَأَنْتَ عَلامُ الْغُيُوبِ , اللَّهُمَّ إنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الأَمْرَ (sebutkan keperluan ) خَيْرٌ لِي فِي دِينِي وَمَعَاشِي وَعَاقِبَةِ أَمْرِي أَوْ قَالَ : عَاجِلِ أَمْرِي وَآجِلِهِ , فَاقْدُرْهُ لِي وَيَسِّرْهُ لِي ثُمَّ بَارِكْ لِي فِيهِ , اللَّهُمَّ وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الأَمْرَ (sebutkan keperluan Anda ) شَرٌّ لِي فِي دِينِي وَمَعَاشِي وَعَاقِبَةِ أَمْرِي أَوْ قَالَ : عَاجِلِ أَمْرِي وَآجِلِهِ , فَاصْرِفْهُ عَنِّي وَاصْرِفْنِي عَنْهُ وَاقْدُرْ لِي الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ ارْضِنِي بِهِ
(sebutkan keperluan Anda)

Wallahu a'lam bisshawab

No comments:

Post a Comment